Home » Blog » 9 Manfaat Batu Bara di Kehidupan Sehari-hari, Apa Saja?

9 Manfaat Batu Bara di Kehidupan Sehari-hari, Apa Saja?

coal
 

Batu bara merupakan batuan sedimen yang terbentuk dari sisa endapan organik dan mudah terbakar. Ada sejumlah manfaat batu bara di kehidupan sehari-hari.

Berdasarkan penelitian para ahli geologi, batu bara terbentuk sekitar 340 juta tahun yang lalu. Batu bara sendiri berasal dari sisa-sisa tumbuhan yang telah membusuk ratusan juta tahun yang lalu.

Dibutuhkan waktu yang sangat lama agar batu bara terbentuk kembali. Oleh sebab itu, batu bara merupakan jenis sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui sehingga membuat harganya terbilang mahal.

Adapun manfaat atau kegunaan utama batu bara adalah sebagai bahan bakar. Panas yang dihasilkan oleh batu bara sangatlah tinggi dan dapat diubah menjadi energi lainnya. Oleh sebab itu, batu bara kerap dimanfaatkan dalam kehidupan.

Manfaat Batu Bara di Kehidupan Sehari-hari

Merujuk buku berjudul Ensiklopedia Bahan Bakar Non-Minyak oleh Puja Laksana dan berbagai sumber lainnya, berikut ini adalah manfaat batu bara di kehidupan sehari-hari.

1. Sumber bahan bakar pembangkit listrik

Batu bara dapat dikonversikan menjadi bentuk uap panas. Kemudian terbentuk sumber tenaga yang dapat menghasilkan tenaga listrik dengan menggerakkan turbin generator listrik.

Sumber energi pembangkit listrik yang umum digunakan yakni pembangkit listrik tenaga air, uap, pembangkit listrik tenaga uap, pembangkit listrik tenaga surya, dan pembangkit listrik tenaga batu bara.

2. Menghasilkan berbagai produk gas

Batu bara dapat digunakan sebagai bahan yang menghasilkan berbagai produk gas. Gas alami yang dihasilkan oleh batu bara dapat diolah menjadi tempat pertambangan.

Gas alami tersebut bisa dimanfaatkan menjadi berbagai produk, seperti bahan bakar industri, produk hidrogen, produk solar, dan pembangkit listrik tenaga gas.

3. Membantu industri baja

Batu bara sangat penting karena dapat membantu perindustrian produksi baja. Seperti diketahui banyak kebutuhan manusia terbuat dari material baja.

Misalnya peralatan kesehatan, mesin-mesin yang digunakan di dalam rumah tangga, peralatan transportasi, dan peralatan pertanian.

4. Membantu produksi pupuk pertanian

Sejumah pekerja melakukan bongkar muat pupuk di Pelabuhan Rakyat, Gresik, Jawa Timur, Minggu (19/4). PT Petrokimia Gresik berencana mengimpor pupuk jika terjadi hambatan produksi yang mengancam pemenuhan alokasi penyaluran pupuk bersubsidi, berdasarkan peraturan Meneri Pertanian pada 2015 sebesar 5,2 juta ton.

Untuk memproduksi pupuk pertanian membutuhkan gas khusus yang digunakan untuk pembakaran. Banyak produk kimia yang juga dihasilkan dari sisa olahan pembakaran batu bara yang kemudian dimurnikan menggunakan alat khusus.

Proses tersebut akan membentuk bahan-bahan untuk membuat pupuk kimia. Oleh sebab itu, produk pertanian kimia tidak terlepas dari bahan batu bara dalam proses pengolahannya.

5. Membantu produksi industri aluminium

Batu bara juga bermanfaat sebagai bahan bakar yang mendukung industri aluminium. Panas kokas dan gas yang dihasilkan dari batu bara dapat memisahkan beberapa produk baja sehingga menghasilkan produk aluminium yang digunakan untuk peralatan.

Peralatan yang dihasilkan dari aluminium seperti konstruksi, peralatan pertanian, peralatan dapur hingga makanan atau minuman kaleng yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

6. Membantu industri kertas

Salah satu perindustrian yang memanfaatkan batu bara adalah industri kertas. Batu bara memberikan panas yang stabil di dalam mesin pengolahan serat yang digunakan pada industri bahan baku kertas.

7. Membantu produksi semen

Manfaat batu bara dalam kehidupan sehari-hari selanjutnya adalah mendukung perindustrian semen. Bahkan, batu bara dapat dikatakan sebagai bahan dasar pembuatan semen.

Namun bahan dasar yang dimaksud bukanlah bahan baku dalam pembuatan semen, melainkan batu bara dimanfaatkan dalam proses pembakaran saat memproduksi semen.

8. Menjadi bahan bakar dengan bentuk cair

Batu bara juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar berbentuk cair seperti minyak. Hal itu membuat batu bara dapat menggantikan bahan bakar minyak.

Sebelumnya, batu bara akan diolah menjadi bubuk atau bongkahan. Kemudian dilarutkan dalam suhu yang relatif tinggi.

9. Menjadi PLTU

Batu bara dapat dimanfaatkan dalam bentuk CMW sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Uap atau PLTU. CMW sendiri berupa cairan yang berbentuk seperti suspensi. Manfaat ini tentu sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari manusia.

Manfaat batu bara ini juga tak hanya dilakukan di Indonesia. Ada sejumlah negara yang juga memanfaatkan batu bara sebagai bahan bakar utama.

 

sumber: https://www.cnnindonesia.com/edukasi/20221201095600-569-881251/9-manfaat-batu-bara-di-kehidupan-sehari-hari-apa-saja